Cabang Ciampea

             Ibu Wiwi dan suami bekerja sebagai pengusaha kecil pembuat tas berbahan kulit sintetis. Penghasilannya cukup untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari rumah tangganya. Rumahnya berdindingkan triplek, karena hujan dan panas dinding triplek sudah mulai rapuh. . sedangkan kamar mandi yang dimiliki hanya berdinding seng bekas dan beratap terpal. Namun,dibalik itu semua Ibu Wiwi memiliki keinginan yang luar biasa yaitu ingin memiliki kamar mandi sendiri yang lebih layak dan  nyaman.Setelah memalui proses pengajuan, pembiayaan pembangunan investasi sarana kamar mandi dan septic tank terbangun.

             Saya dulu dan keluarga buang air besar harus kekali, karena kami tidak memiliki WC sendiri. Kasihan anak-anak kalau mau buang air besar malam hari. Sedangkan dari rumah kekali jalannya cukup jauh dan terjal. Anak masih kecil-kecil kalau diare juga susah mau buang air besar. Sekarang bersyukur karena diberikan kemudahan untuk bisa memiliki kamar mandi sendiri. Mau buang air besar sekarang tidak usah kekali lagi. Apalagi mau kekamar mandi tengah malam, sudah tidak takut.

             Dari kamar mandi yang berdinding seng bekas dan beratap terpal sekarang sudah menjadi kamar mandi yang bersih, sehat dan nyaman. Ibu Wiwi menyampaikan kepada Koperasi Karya Usaha Mandiri Syariah tentang harapan barunya, jika pembiayaan sarana sanitasi sudah selesai dan ada pembiayaan untuk produk renovasi rumah maka beliau akan mengajukan yang pertama kali. Karena beliau ingin membuat kehidupan keluarganya menjadi lebih baik.

ciampea


Ibu ami merupakan seorang single parent yang tinggal bersama 6 anggota keluarga. Dengan kondisi rumah yang terbatas pertama kali TIM WASH kesana melihat lokasi akan dibangun kamar mandi, tampak beberapa ember yang digunakan sebagai tempat penampungan air, terlihat terpal lusuh yang digunakan sebagai penutup. Tampak juga kolam pembuangan limbah dari kamar mandi.

Pada awal pengajuan, Ibu Ami hanya mengajukan pembuatan investasi sarana kamar mandi tanpa septic tank. Menurut beliau, kolam penampungan sudah cukup untuk menampung tinja dan limbah rumah tangga lainnya.

TIM WASH memberikan penjelasan mengenai hygiene education dan tentang pentingnya menggunakan Septic tank  sebagai penampungan limbah dan kotorn, akhirnya Ibu Ami sadar akan pentingnya kebersihan dan kesehatan lingkungan. Yang awal mula Ibu Ami hanya ingin membangun kamar mandi, akhirnya Ibu Ami menginginkan investasi pembiayaan septic tank juga.

pic